Pelatihan Penguatan Kapasitas Petugas Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) Tahun 2017

Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) adalah serangkaian proses untuk mengantisipasi kejadian kerawanan pangan dan gizi, salah satu permasalahan yang dihadapi sebagian besar negara-negara berkembang termasuk Indonesia saat ini adalah masalah krisis pangan. Sehubungan dengan itu, Dinas Ketahanan Pangan sebagai komponen strategis dalam pembangunan nasional perlu diupayakan melalui berbagai program yan

g bersifat aplikatif untuk mewujudkan ketersediaan bahan pangan dalam jumlah yang cukup dan bermutu, aman, bergizi, beragam, merata dan terjangkau seperti yang diisyaratkan dalam Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2002 tentang Ketahanan Pangan dan Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Aru Nomor 3 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kabupaten Kepulauan Aru.

Dobo

Kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Petugas Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) Tahun 2017, bertujuan untuk mendapatkan sejumlah masukan-masukan (input) yang sangat berarti bagi Dinas Ketahanan Pangan khususnya bidang ketersediaan dan kerawanan pangan yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah lemahnya pengetahuan tentang Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG). Oleh karena itu perlu adanya solusi (problem solving) untuk mengatasi permasalahan tersebut. Diharapkan Pemerintah Daerah lebih proaktif dan responsif terhadap permasalahan ini, khususnya Badan Ketahanan Pangan Pusat harus lebih apresiatif terhadap keprihatinan pelaksanaan program SKPG dan FSVA di wilayah perbatasan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk Menghasilkan rekomendasi menentukan program kebijakan pencegahan dan penanggulangan kerawanan pangan pada level desa di wilayah Kabupaten berdasarkan dokumen perencanaan.

Kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Petugas Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) Tahun 2017 dilaksanankan di Hotel Pacific Ambon di Ambon, pada tanggal 12 s/d 15 Juni 2017. Hasil yang diharapkan dari Kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Petugas Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) Tahun 2017 adalah : Terlaksananya Kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Petugas Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) Tahun 2017, Tersedianya informasi situasi pangan dan gizi bulanan dan tahunan, Tersedianya  informasi  hasil  investigasi  daerah/desa  yang  diindikasikan  rawan pangan, Tersusunnya rekomendasi kebijakan dan pelaksanaan intervensi bagi penanganan kerawanan pangan dan gizi.

 

Editor       : Dity Gainau Gasiray

Publisher : Eric Anajib

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *